Shortcut di Netbeans dan Visual studio


Shortcut di Visual Studio 2010

Integrated Development Environtment (IDE) Visual Studio 2010 memiliki senjata tersembunyi untuk membantu teman-teman developer melakukan coding. Senjata rahasia tersebut adalah shortcut keyboard, terdengar biasa memang. Tapi apabila digunakan secara optimal akan sangat membantu. Berikut beberapa shortcut key yang mungkin masih belum diketahui oleh teman-teman.

CTRL + SPACE

Shortcut ini bisa digunakan sebagai alternatif apabila saat mengetik mengetik field, class, property, method, objek ataupun code yang lainnya, query suggestion tidak muncul.

F7

Apabila malas untuk menggerakan mouse untuk melihat melihat code sebuah form dengan klik kanan->view code, kali cukup dengan menekan tombol F7.

Shift+F7

Untuk mengembalikan lagi dari code ke design sebuah code cukup dengan menekan Shift+F7.

CTRL+K , CTRL+D

Merapihkan code yang indensitasnya acak-acakan secara satu per-satu memang melelahkan. Langkah cepat menyelesaikan kasus ini cukup dengan menekan tombol CTLR+K kemudian CTLR+D.

CTRL+K, CTRL+C

Cara mudah untuk menjadikan code yang ada menjadi comment, cukup dengan cara blok code tersebut kemudian tekan CTRL+K dilanjutkan CTRL+D.

CTRL+L, CTRL+U

Anti shortcut dari yang diatas (menghilangkan comment) dengan cara blok commnet tersebut kemudian CTRL+L, dilanjutkan CTRL+U.

CTRL+R, R

Cara me-rename yang aman tentunya menggunakan refactor rename. Hal ini dimaksudkan agar field, class, property, method, objek ataupun code yang lainnya di-rename, mengalami perubahan nama semuanya tidak hanya pada satu tempat. Shortkey untuk yang dengan menekan tombol CTRL+D kemudian R.

CTRL+R, E

Melakukan proses enkapsulasi dengan field yang banyak akan menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Cara untuk mengenerate field-field untuk di enkapsulasi diawali dengan meletakkan kursor pada field tersebut kemudian keluarkan “jurus” CTRL+R, E.

F5

Langkah terakhir setelah code kita beres maka tinggal di-debugging. Shorcutnya ialah F5.

Shortcut di Netbeans :

Netbeans adalah sebuah Integrated Development Environment (IDE) untuk membuat aplikasi Java, PHP, C/C++, dll. Dengan netbeans kita bisa develop aplikasi dengan cepat. Shortcut dan Code completion di netbeans merupakan salah satu cara untuk mempecepat pekerjaan kita.

Di sini saya hanya akan sharing beberapa shortcut yang menurut saya sangat penting dan sering digunakan untuk membuat aplikasi Java. Untuk mengetahui shortcut+code completion di netbeans kita bisa lihat di menu Help > Keyboard Shortcut Card.

Ctrl+Space

mungkin inilah shortcut yg sangat sering dibutuhkan, apa jadinya seorang programer tanpa shortcut ini…. mungkin dia harus menulis nama class atau method yang ingin digunakan secara manual… (capek deh)

shortcut ini akan memberikan pop-up yang  berisi class, atribut, object, variabel, yang akan kita gunakan. Jika class yang kita inginkan tidak muncul, coba tekan Ctrl+Space satu kali lagi.

Ctrl+K

memberikan sugesti code yang mungkin. Hampir mirip dengan Ctrl+Space, bedanya shortcut ini langsung memberikan code yang mungkin. Jika tidak cocok dengan yang kita inginkan tekan Ctrl+K sampai sesuai dengan yang kita inginkan

Alt+Enter

ketika kita menulis kode, kadang2 akan muncul “lampu kuning” di sebelah kiri editor. Nah, kalo muncul itu kita bisa langsung aja tekan Alt+Enter nanti akan muncul pop-up yg berisi suggested code. Biasanya akan muncul kalo ada exception yg harus ditangani, class yg perlu diimport, dll.

Alt+Insert atau Klik kanan > Insert

Jika dalam sebuah class kita ingin membuat getter, setter, konstruktor, overriding method, kita tinggal gunakan shortcut ini. Kita tidak perlu menulis kode tersebut secara manual.

Shift+F6

Buat menjalankan (run) file yang sedang kita buka.

F6

Kalo ini buat run project secara keseluruhan (main project)

Alt+F

Kalo ini buat merapikan code kita.

Code sebelum dirapikan

Code setelah dirapikan (Alt+F)

Ctrl+Shift+Arrow Up/Down

Duplicate code ke atas (up) atau ke bawah (down).

Ctrl+E

Menghapus baris code dimana cursor sedang aktif. Atau beberapa baris code yang kita blok.

Ctrl+R

Buat rename.

Ctrl+V, Ctrl+C, Ctrl+X

Ini mah udah tau semua….

dll.

Code completion

Ketika menulis code kita bisa menggunakan code completion dengan cara menuliskan keyword-keyword seperti sout, psvm, dan lain lain kemudian menekan tombol Tab.

psvm > Tab maka menjadi…

sout >  Tab = System.out.println(“”);

fori > Tab

fore > Tab

trycatch

dll….

Keyboard Shortcut dan Code Completion selengkapnya bisa dilihat juga di sini.

Atau  lihat di menu Help > Keyboard Shortcut Card.

Kita juga bisa mengedit/menambahkan shortcut sendiri. Caranya masuk ke menu Tools > Options > Keymap. Disini kita bisa mendefinisikan/mengedit shortcut sesuai keinginan kita.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s