Tata cara mencari Istri Shalehah


CINTA adalah fitrah manusia. Cinta juga salah satu bentuk kesempurnaan penciptaan yang Allah berikan kepada manusia. Allah menghiasi hati manusia dengan perasaan cinta pada banyak hal. Salah satunya cinta seorang lelaki kepada seorang wanita, demikian juga sebaliknya.

Rasa cinta bisa menjadi anugerah jika luapkan sesuai dengan bingkai nilai-nilai ilahiyah. Namun, perasaan cinta dapat membawa manusia ke jurang kenistaan bila diumbar demi kesenangan semata dan dikendalikan nafsu liar.

Islam sebagai syariat yang sempurna, memberi koridor bagi penyaluran fitrah ini. Apalagi cinta yang kuat adalah salah satu energi yang bisa melanggengkan hubungan seorang pria dan wanita dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Karena itu, seorang pria shalih tidak asal dapat dalam memilih wanita untuk dijadikan pendamping hidupnya.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi sebab munculnya rasa cinta seorang pria kepada wanita untuk diperistri. Setidak-tidaknya seperti di bawah ini.

1. Karena akidahnya yang Shahih

Keluarga adalah salah satu benteng akidah. Sebagai benteng akidah, keluarga harus benar-benar kokoh dan tidak bisa ditembus. Jika rapuh, maka rusaklah segala-galanya dan seluruh anggota keluarga tidak mungkin selamat dunia-akhirat. Dan faktor penting yang bisa membantu seorang lelaki menjaga kekokohan benteng rumah tangganya adalah istri shalihah yang berakidah shahih serta paham betul akan peran dan fungsinya sebagai madrasah bagi calon pemimpin umat generasi mendatang.

Allah menekankah hal ini dalam firmanNya, “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah- Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (Al-Baqarah: 221)

2. Karena paham agama dan mengamalkannya

Ada banyak hal yang membuat seorang lelaki mencintai wanita. Ada yang karena kemolekannya semata. Ada juga karena status sosialnya. Tidak sedikit lelaki menikahi wanita karena wanita itu kaya. Tapi, kata Rasulullah yang beruntung adalah lelaki yang mendapatkan wanita yang faqih dalam urusan agamanya. Itulah wanita dambaan yang lelaki shalih.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Wanita dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka, ambillah wanita yang memiliki agama (wanita shalihah), kamu akan beruntung.” (Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw. juga menegaskan, “Dunia adalah perhiasan, dan perhiasan dunia yang paling baik adalah wanita yang shalihah.” (Muslim, Ibnu Majah, dan Nasa’i).

Jadi, hanya lelaki yang tidak berakal yang tidak mencintai wanita shalihah.

3. Dari keturunan yang baik

Rasulullah saw. mewanti-wanti kaum lelaki yang shalih untuk tidak asal menikahi wanita. “Jauhilah rumput hijau sampah!” Mereka bertanya, “Apakah rumput hijau sampah itu, ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “Wanita yang baik tetapi tinggal di tempat yang buruk.” (Daruquthni, Askari, dan Ibnu ‘Adi)

Karena itu Rasulullah saw. memberi tuntunan kepada kaum lelaki yang beriman untuk selektif dalam mencari istri. Bukan saja harus mencari wanita yang tinggal di tempat yang baik, tapi juga yang punya paman dan saudara-saudara yang baik kualitasnya. “Pilihlah yang terbaik untuk nutfah-nutfah kalian, dan nikahilah orang-orang yang sepadan (wanita-wanita) dan nikahilah (wanita-wanitamu) kepada mereka (laki-laki yang sepadan),” kata Rasulullah. (Ibnu Majah, Daruquthni, Hakim, dan Baihaqi).

 “Carilah tempat-tempat yang cukup baik untuk benih kamu, karena seorang lelaki itu mungkin menyerupai paman-pamannya,” begitu perintah Rasulullah saw. lagi. “Nikahilah di dalam “kamar” yang shalih, karena perangai orang tua (keturunan) itu menurun kepada anak.” (Ibnu ‘Adi)

Karena itu, Utsman bin Abi Al-’Ash Ats-Tsaqafi menasihati anak-anaknya agar memilih benih yang baik dan menghindari keturunan yang jelek. “Wahai anakku, orang menikah itu laksana orang menanam. Karena itu hendaklah seseorang melihat dulu tempat penanamannya. Keturunan yang jelek itu jarang sekali melahirkan (anak), maka pilihlah yang baik meskipun agak lama.”

4. Masih gadis

Siapapun tahu, gadis yang belum pernah dinikahi masih punya sifat-sifat alami seorang wanita. Penuh rasa malu, manis dalam berbahasa dan bertutur, manja, takut berbuat khianat, dan tidak pernah ada ikatan perasaan dalam hatinya. Cinta dari seorang gadis lebih murni karena tidak pernah dibagi dengan orang lain, kecuali suaminya.

Karena itu, Rasulullah saw. menganjurkan menikah dengan gadis. “Hendaklah kalian menikah dengan gadis, karena mereka lebih manis tutur katanya, lebih mudah mempunyai keturunan, lebih sedikit kamarnya dan lebih mudah menerima yang sedikit,” begitu sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Baihaqi.

Tentang hal ini A’isyah pernah menanyakan langsung ke Rasulullah saw. “Ya Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika engkau turun di sebuah lembah lalu pada lembah itu ada pohon yang belum pernah digembalai, dan ada pula pohon yang sudah pernah digembalai; di manakah engkau akan menggembalakan untamu?” Nabi menjawab, “Pada yang belum pernah digembalai.” Lalu A’isyah berkata, “Itulah aku.”

Menikahi gadis perawan akan melahirkan cinta yang kuat dan mengukuhkan pertahanan dan kesucian. Namun, dalam kondisi tertentu menikahi janda kadang lebih baik daripada menikahi seorang gadis. Ini terjadi pada kasus seorang sahabat bernama Jabir.

Rasulullah saw. sepulang dari Perang Dzat al-Riqa bertanya Jabir, “Ya Jabir, apakah engkau sudah menikah?” Jabir menjawab, “Sudah, ya Rasulullah.” Beliau bertanya, “Janda atau perawan?” Jabir menjawab, “Janda.” Beliau bersabda, “Kenapa tidak gadis yang engkau dapat saling mesra bersamanya?” Jabir menjawab, “Ya Rasulullah, sesungguhnya ayahku telah gugur di medan Uhud dan meninggalkan tujuh anak perempuan. Karena itu aku menikahi wanita yang dapat mengurus mereka.” Nabi bersabda, “Engkau benar, insya Allah.”

5. Sehat jasmani dan penyayang

Sahabat Ma’qal bin Yasar berkata, “Seorang lelaki datang menghadap Nabi saw. seraya berkata, “Sesungguhnya aku mendapati seorang wanita yang baik dan cantik, namun ia tidak bisa melahirkan. Apa sebaiknya aku menikahinya?” Beliau menjawab, “Jangan.” Selanjutnya ia pun menghadap Nabi saw. untuk kedua kalinya, dan ternyata Nabi saw. tetap mencegahnya. Kemudian ia pun datang untuk ketiga kalinya, lalu Nabi saw. bersabda, “Nikahilah wanita yang banyak anak, karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian di hadapan umat-umat lain.” (Abu Dawud dan Nasa’i).

Karena itu, Rasulullah menegaskan, “Nikahilah wanita-wanita yang subur dan penyayang. Karena sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya kalian dari umat lain.” (Abu Daud dan An-Nasa’i)

6. Berakhlak mulia

Abu Hasan Al-Mawardi dalam Kitab Nasihat Al-Muluk mengutip perkataan Umar bin Khattab tentang memilih istri baik merupakan hak anak atas ayahnya, “Hak seorang anak yang pertama-tama adalah mendapatkan seorang ibu yang sesuai dengan pilihannya, memilih wanita yang akan melahirkannya. Yaitu seorang wanita yang mempunyai kecantikan, mulia, beragama, menjaga kesuciannya, pandai mengatur urusan rumah tangga, berakhlak mulia, mempunyai mentalitas yang baik dan sempurna serta mematuhi suaminya dalam segala keadaan.”

7. Lemah-lembut

Imam Ahmad meriwayatkan hadits dari A’isyah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Wahai A’isyah, bersikap lemah lembutlah, karena sesungguhnya Allah itu jika menghendaki kebaikan kepada sebuah keluarga, maka Allah menunjukkan mereka kepada sifat lembah lembut ini.” Dalam riwayat lain disebutkan, “Jika Allah menghendaki suatu kebaikan pada sebuah keluarga, maka Allah memasukkan sifat lemah lembut ke dalam diri mereka.”

8. Menyejukkan pandangan

Rasulullah saw. bersabda, “Tidakkah mau aku kabarkan kepada kalian tentang sesuatu yang paling baik dari seorang wanita? (Yaitu) wanita shalihah adalah wanita yang jika dilihat oleh suaminya menyenangkan, jika diperintah ia mentaatinya, dan jika suaminya meninggalkannya ia menjaga diri dan harta suaminya.” (Abu daud dan An-Nasa’i)

 “Sesungguhnya sebaik-baik wanitamu adalah yang beranak, besar cintanya, pemegang rahasia, berjiwa tegar terhadap keluarganya, patuh terhadap suaminya, pesolek bagi suaminya, menjaga diri terhadap lelaki lain, taat kepada ucapan dan perintah suaminya dan bila berdua dengan suami dia pasrahkan dirinya kepada kehendak suaminya serta tidak berlaku seolah seperti lelaki terhadap suaminya,” begitu kata Rasulullah saw. lagi.

Maka tak heran jika Asma’ binti Kharijah mewasiatkan beberapa hal kepada putrinya yang hendak menikah. “Engkau akan keluar dari kehidupan yang di dalamnya tidak terdapat keturunan. Engkau akan pergi ke tempat tidur, di mana kami tidak mengenalinya dan teman yang belum tentu menyayangimu. Jadilah kamu seperti bumi bagi suamimu, maka ia laksana langit. Jadilah kamu seperti tanah yang datar baginya, maka ia akan menjadi penyangga bagimu. Jadilah kamu di hadapannya seperti budak perempuan, maka ia akan menjadi seorang hamba bagimu. Janganlah kamu menutupi diri darinya, akibatnya ia bisa melemparmu. Jangan pula kamu menjauhinya yang bisa mengakibatkan ia melupakanmu. Jika ia mendekat kepadamu, maka kamu harus lebih mengakrabinya. Jika ia menjauh, maka hendaklah kamu menjauh darinya. Janganlah kami menilainya kecuali dalam hal-hal yang baik saja. Dan janganlah kamu mendengarkannya kecuali kamu menyimak dengan baik dan jangan kamu melihatnya kecuali dengan pandangan yang menyejukan.”

9. Realistis dalam menuntut hak dan melaksanakan kewajiban

Salah satu sifat terpuji seorang wanita yang patut dicintai seorang lelaki shalih adalah qana’ah. Bukan saja qana’ah atas segala ketentuan yang Allah tetapkan dalam Al-Qur’an, tetapi juga qana’ah dalam menerima pemberian suami. “Sebaik-baik istri adalah apabila diberi, dia bersyukur; dan bila tak diberi, dia bersabar. Engkau senang bisa memandangnya dan dia taat bila engkau menyuruhnya.” Karena itu tak heran jika acapkali melepas suaminya di depan pintu untuk pergi mencari rezeki, mereka berkata, “Jangan engkau mencari nafkah dari barang yang haram, karena kami masih sanggup menahan lapar, tapi kami tidak sanggup menahan panasnya api jahanam.”

Kata Rasulullah, “Istri yang paling berkah adalah yang paling sedikit biayanya.” (Ahmad, Al-Hakim, dan Baihaqi dari A’isyah r.a.)

Tapi, “Para wanita mempunyai hak sebagaimana mereka mempunyai kewajiban menurut kepantasan dan kewajaran,” begitu firman Allah swt. di surah Al-Baqarah ayat 228. Pelayanan yang diberikan seorang istri sebanding dengan jaminan dan nafkah yang diberikan suaminya. Ini perintah Allah kepada para suami, “Berilah tempat tinggal bagi perempuan-perempuan seperti yang kau tempati. Jangan kamu sakiti mereka dengan maksud menekan.” (At-Thalaq: 6)

10. Menolong suami dan mendorong keluarga untuk bertakwa

Istri yang shalihah adalah harta simpanan yang sesungguhnya yang bisa kita jadikan tabungan di dunia dan akhirat. Iman Tirmidzi meriwayatkan bahwa sahabat Tsauban mengatakan, “Ketika turun ayat ‘walladzina yaknizuna… (orang yang menyimpan emas dan perak serta tidak menafkahkannya di jalan Allah), kami sedang bersama Rasulullah saw. dalam suatu perjalanan. Lalu, sebagian dari sahabat berkata, “Ayat ini turun mengenai emas dan perak. Andaikan kami tahu ada harta yang lebih baik, tentu akan kami ambil”. Rasulullah saw. kemudian bersabda, “Yang lebih utama lagi adalah lidah yang berdzikir, hati yang bersyukur, dan istri shalihah yang akan membantu seorang mukmin untuk memelihara keimanannya.”

11. Mengerti kelebihan dan kekurangan suaminya

Nailah binti Al-Fafishah Al-Kalbiyah adalah seorang gadis muda yang dinikahkan keluarganya dengan Utsman bin Affan yang berusia sekitar 80 tahun. Ketika itu Utsman bertanya, “Apakah kamu senang dengan ketuaanku ini?” “Saya adalah wanita yang menyukai lelaki dengan ketuaannya,” jawab Nailah. “Tapi ketuaanku ini terlalu renta.” Nailah menjawab, “Engkau telah habiskan masa mudamu bersama Rasulullah saw. dan itu lebih aku sukai dari segala-galanya.”

12. Pandai bersyukur kepada suami

Rasulullah saw. bersabda, “Allah tidak akan melihat kepada seorang istri yang tidak bersyukur (berterima kasih) kepada suaminya, sedang ia sangat membutuhkannya.” (An-Nasa’i).

13. Cerdas dan bijak dalam menyampaikan pendapat

Siapa yang tidak suka dengan wanita bijak seperti Ummu Salamah? Setelah Perjanjian Hudhaibiyah ditandatangani, Rasulullah saw. memerintahkan para sahabat untuk bertahallul, menyembelih kambing, dan bercukur, lalu menyiapkan onta untuk kembali pulang ke Madinah. Tetapi, para sabahat tidak merespon perintah itu karena kecewa dengan isi perjanjian yang sepertinya merugikan pihak kaum muslimin.

Rasulullah saw. menemui Ummu Salamah dan berkata, “Orang Islam telah rusak, wahai Ummu Salamah. Aku memerintahkan mereka, tetapi mereka tidak mau mengikuti.”

Dengan kecerdasan dalam menganalisis kejadian, Ummu Salamah mengungkapkan pendapatnya dengan fasih dan bijak, “Ya Rasulullah, di hadapan mereka Rasul merupakan contoh dan teladan yang baik. Keluarlah Rasul, temui mereka, sembelihlah kambing, dan bercukurlah. Aku tidak ragu bahwa mereka akan mengikuti Rasul dan meniru apa yang Rasul kerjakan.”

Subhanallah, Ummu Salamah benar. Rasulullah keluar, bercukur, menyembelih kambing, dan melepas baju ihram. Para sahabat meniru apa yang Rasulullah kerjakan. Inilah berkah dari wanita cerdas lagi bijak dalam menyampaikan pendapat. Wanita seperti inilah yang patut mendapat cinta dari seorang lelaki yang shalih.

sumber : evan

Kupu-Kupuku


 

                Dalam kehidupan tidak luput dengan yang namanya cinta pasti semua orang harus mengalaminya walaupun itu perih penuh derita dan luka. Tian sekarang mau berbagi tentang pengalaman cinta hha, kebetulan lagi banyak pikiran dan tian pengen luapin saja dengan tulisan.

                Waktu itu tian baru naik kelas 2 sma hari pertama masuk tian liat ada seorang gadis yang baru tian liat memakai cardigan warna abu. Bertanya tanya siapa ia itu? Ou ternyata murid baru dengan respon biasa aja. Dulu itu tian cuek sama cewe dan jujur takut deket ama cewe hha.

                Hari senin saatnya upacara pagi dimulai,,(wah saat saat males nih 😀 berdiri sejam mendengarkan ceramah dll padahal sekarang sudah sadar bahwa ini penting untuk Nasionalisme). Karena tian termasuk tinggi tian disuruh diem di belakang eh ternyata di sebelah ada gadis baru itu dengan tampang cuek melirik(lumayan cuci mata pagi2 wkwk). Upacara sudah mulai 10 menit kaki udah lumayan pegel nih, nah di belakang ada tempat duduk karena yang paling belakang ga keliatan mulai deh curi curi pandang dari guru supaya bisa duduk. Tiap ada guru berdiri lagi , ga ada guru duduk lagi sampai tian ga kebagian tempat duduk “eh ternyata ada cewe yang nepak pundak tian nyuruh duduk disebelahnya 1…2…..3….. tian mulai merasakan DEG DEG SER hha”.

                Ternyata dia baik hati dan yang membuat makin DEG DEG SER saat ngeliat senyuma tipis merah merekah seperti dunia terdiam untuk sejenak(serasa lebai tapi emang gini kenyataanya :P). Upacarapun selesai dan semua siswa kembali kekelas tapi tian ga berani buat kenalan cuman berani ngeliatin doang T_T. Dari situ tian mulai mencari tau profil si dia siapa, sedang apa dan dimana(sammy simorangkir bray hha).akhirnya namanya tau PL(waduh PL ga enak didenger nih LV aja ia),bekas smpnya dmn,bekas smanya yg dulu dmn, rumahnya dmn sampai tau tian(buset lagi kebeset listrik 5000watt nih).

                Setiap sekolah saaty masuk,istirahat dan pulang suka ngeliatin dan memotivasi diri supaya bisa berkenalan hha( tapi apa daya tian ini KIKUK ama cewe waktu dulu apalagi belum pernah pacaranà sedih kelas 2 belum eprnah pacaran padahal yang suka banyak wkwk). Tian termasuk orang yang susah jatuh cinta, gak tau kenapa tapi yang jelas waktu dulu tian punya angan angan pengen punya pacar 1 untuk seumur hidup( tapi banyak orang yang mengatakan bodoh nih kayak gini T_T soalnya…).

                Kelas 2 saat-saat  yang tak terlupakan kenapa? Nih ceritanya…tapi langsung ke intinya aja 😛

  • Mulai dari teman sekelas namanya Sisiuk(nama samaran jon) ,dia itu tiba-tiba nyuruh pegang tangannya …hah tian pasti bingunglah buat apa pegang tangan…eh dia ngomong liat deh tian tangan aku sakit(What the fuck apa hubunganya dengan gua wkwk).ga cukup sampai disitu saat tian diem diluar dia tiba-tiba datang dan ngajak ngobrol dan ngajak nonton..dan tian berkata mau jam brp..dia bilang sore aja…wah kalo sore gmn shalat magribnya dan dengan berbagai alasan tian tolak(salah alasan mungkin gak punya duit wkwk).
  • Ini dia nih salah satu Madu disekolah..tiba tiba lagi nih ada cewe berkerudung datang saat tian diem di depan pintu kelas dan bertanya..eehh hei disni ada yang paling tinggi ga…dan tian jawab ohhh icun (soalnya yang paling tinggi dikelas icun dengan bergegas tian cari icun yang sedang maen poker dgn anak2 ehh si icun malah ga percaya..maklum ane rada jail orangnya),pas tian balik ke pintu eh orangnya malah ga ada.seelah istirahat tian cari tuh cewe dan tanya kamu tuh tadi cari icun ia..eh dia malah jawab engga nyari kamu kok.
  • Nih yang ini berawal dari iseng tian dadah dadahan ke seberang ruang IPS ada cewe yang lumayan cantk dan tiba tibanya lagi pas tian keluar kelas dia ada didepan nungguin aneh bin ajaib..yg ini next aja .
  • Saat maen basket di secapa ad ,emang waktu itu tian sangat suka maen basket hampir tiap hari dan ada segerombolan anak cewe ngeliatin tian maen basket. Tiba tiba lagi mereka datang ngedeketin dan salah seorang dari mereka bilang ada yang mau kenalan..next aja  lagi

Dan masih banyak lagi tapi yang anehnya tian malah cuekin mereka ga tau kenapa( kalo kata temen stupid assshole 😀 ).suatu hari saat itu tian telat dan behhhhhh kebetulan sekali LV juga telat karena dia lupa bawa pulpen dia pinjem punya tian tapi tian uda keburu ke atas. Disitu sepanjang jam sekolah samapi istirahat tian mikir mau ngambilnya gmn dan ngobrol apa( gini nih kalo gak pernah pacaran dan ga punya pengalaman, ternyata pengalaman perlu T_T ). Setelah istirahat tian tunggu dia keluar …iaps dia keluar dan tian deketin dan tanya mana pulpen (bodo nih wkwk) LV ngomong tunggu bentar ia, sambil nunggu sambil berdoa dan berpikir ngomong apa ia entar pas ada. Pas lv keluar dan ngasih pulpen tian beraniin aja kenalan.tapi ia gitu ga tau harus ngobrol apa( dasar KIKUK T_T ).dan bodonya disitu tian ga minta no HP hemeh tapi untungnya tian dapet no dari temen tapi percuma ia, kalo ada no telponnya tapi ga tau cara PDKT hha.

14 februari hari valentine dan LV pun jualan bunga dengan gengnya tapi sebelumnya tian bawa bunga dari taman saudara bunga mawar merah sesuai senyumanya merah merekah hhe. Tapi jujur mana berani tian ngasih bunga yang ada bunganya  jadi pajangan dan dibawa kerumah lagi wkwk.

Seminggu sebelum LV ultah tian nelpon temen deketnya kebetulan dia salah satu temen tian pas ikut eskul pecinta alam namanya AN. Tian nanya sama An kesukaan lv dia itu suka bla bla bla bala bala. Tian udah nabung nih dari hasil kerja dan tian cari cari kado ke ciwalk n tian beli boneka teddy bear sama kantong kecil warna biru karena kata AN, LV suka warna biru.

Sampai pada puncak acara tian beranikan diri, ahh ga tau pikiran kemana pokonya kado ini harus dikasih,, tian tidak mau kejadian cinta pertama tian yang belum terungkap terjadi lagi. Akhirnya dikamar mandi ( ngasih kado dikamar mandi BAU bray hha ) tian ketemu ama geng LV walaupun malu diliatin ama gengnya tian ngasih kado tapi demi perjuangan mamen berani beraniin aja. Setelah itu tian nanya kamu ada waktu gak tian pengen jalan ama kamu buat ngobrol..eh malah di jawab pepi mah pengen serius belajar( neng tian bukan nembak ini masih ngajak jalan wkwk,, ini kan alasan kalo ada yg nembak tapi nolak halus wkwk dan tian juga tau dia juga waktu itu punya cowok di sekolah hemeh hha). Tian pusing harus gmn lagi disitu udah mah diliatin alumni diliatin gengnya “Apalagi nih ada yang pernah ngancem tian jangan deketin LV soalnya ada alumni yang suka tapi tian tetep maju aja gak peduli halangan apapun hhe” tapi walaupun kecewa tapi tian bangga karena sudah berani ngasih kado ada kemajuanlah daripada diem aja. Dan tian pun pamitan dengan berkata bahasa italy “selamat tinggal (lupa lagi bahasa italynya)”.

Ouh ia ada puisi :

“Jika mentari tak dapat berikan hari yang baru

Biarkan aku berikan hari yang baru itu untukmu

Jika malam tak dapat gambarkan indahnya alam

Biarkan kugambarkan indahnya alam untukmu

Dan jika tiada yang dapat berikanmu kebahagian

Biarkan aku yang menjadi satu-satunya pria yang memberikan bahagia untukmu”

Puisi yang dibuat semalaman nih berpikir dan dibantu sama A esa hha. Tapi sejak saat itu tian tidak suka lagi mencurahkan isi hati pada sebuah kertas karena tian mulai berpikir jika kamu punya rasa maka ungkapkanlah jangan dipendam dan ditulis hanya dalam kertas.uda lama gak bikin puisi nih cekidot moga banyak yg suka.

“Kau terbang berputar menyiangi pikiranku

Perlahan kau menari indah dalam hariku

Senyumanmu masuk kedalam sukmaku

Kau lah kupu-kupu dalam mimpi dan do’aku”

 

Sekarang dia udah lulus kuliah sama udah kerja tian turut bersyukur dan bahagia dan dia juga salah satu wanita yang cocok jadi calon istri alangkah bahagianya cowo yang akan jadi suaminya kelak.maap jika ada salah kata atau nyeleneh cuman mau iseng iseng aja sambil mengenang masa lalu hhe.

Andi Lau( Antara Dilema Dan Galau)


Disaat kuliah mungkin ini adalah masa masa terakhir dimana semua kuliah telah ditempuh dan akhirnya bertemu dengan yang namanya Skripsi. Banyak yang terjebak dan jatuh disini tempat saya melakukan studi merupakan salah satu jurusan yang susah untuk lulus karena memiliki tahapan yang sulit untuk menjalani yang namanya skripsi. Berangkat dari pengalaman teman, teman saya yang tinggal skripsi semester kemarin cuti karena skripsinya di tolak dan akhirnya sekarang ditolak lagi dan cuti, saya sangat sedih mendengarnya.

Tian adalah salah satu orang yang berjuang keras untuk mencapai cita2 walaupun terkadang malas malasan 😛 . Pengen banget lulus tahun ini untuk merencanakan beberapa impian tian untuk menjadi pengusaha. Tetapi banyak sekali rintangan dan sekarang keputusan proposal diterima atau tidaknya belum tian terima makin membuat gelisah dan gak karuan takut ditolak. Susah makan susah tidur itulah suasana menunggu keputusan proposal dan sekarang harus menunggu lagi sampai ketemu dosen serasa dibanting sama HULK hha. tian berharap banget bisa diterima supaya bisa lulus tapi kalo ditolak tian gak tau harus gimana lagi karena salah satu cita cita tian yang ditulis itu lulus wisuda tahun 2013 untuk mencapai itu tian selalu bangun pagi, belajar dll. Tetapi ada satu hal yang tian pikirkan kata kata dari sebuah manga yang tian baca “Sekeras apapun kamu berusaha kadang tidak membuahkan hasil tapi orang yang berhasil adalah orang yang berusaha dengan kerasnya”. Dan salah satu biar hati tenang yaitu memperlajari tentang ilmu ikhlas, mengikhlaskan semuanya pada Allah SWT membuat hati sedikit lebih tenang.

Buat teman seperjuangan..SEMANGAT..SEMANGAT dan SEMANGAT jangan lupa DO’A dan minta pada sang Pencipta 🙂 .

Cara agar terhindar dari radiasi HP


Ini penting nih jangan disepelekan karena radiasi bisa berbahaya loh..silahkan dibaca :).
Ponsel sudah menjadi sahabat dalam kehidupan kita sehari-hari. Ke mana pun kita pergi, telepon genggam selalu menemani untuk memenuhi kebutuhan kita berkomunikasi. Ponsel nirkabel bekerja dengan cara mentransmit sinyal melalui frekuensi radio, sama dengan radiasi berfrekuensi rendah yang terdapat dalam oven microwave maupun radio AM/FM. Para ilmuwan selama bertahun-tahun telah mengetahui dampak radiasi sinyal radio frekuensi tinggi bagi kesehatan.
Penyakit dan gejala yang muncul dari gangguan radiasi ponsel meliputi: pusing, gangguan tidur, tumor otak, alzheimer, parkinson, berubahnya fungsi memori, konsentrasi dan kesadaran spasial serta memicu kanker-kanker yang lain.
Untuk mencegahnya, berikut adalah beberapa cara agar terhindar dari radiasi ponsel:
1. Jangan gunakan ponsel saat sinyal lemah (rendah). Hal ini menyebabkan ponsel bekerja lebih keras untuk memperoleh koneksi, sehingga menciptakan kemungkinan radiasi lebih besar.
Cara Agar Terhindar Dari Radiasi Ponsel
2. Jangan gunakan ponsel di ruang yang tertutup, seperti lift dan mobil. Radiasi dapat terjadi saat ponsel mencoba menciptakan koneksi pada sinyal.
3. Jangan menelpon saat berkendara. Berbicara di ponsel sambil bergerak dengan cepat membuat ponsel Anda terus berusaha menciptakan sambungan (koneksi) berulang ke menara berikutnya, sehingga melepaskan energi dalam jumlah besar.
Cara Agar Terhindar Dari Radiasi Ponsel
4. Batasi penggunaan ponsel. Bicara seperlunya dan sebisa mungkin kirimkan text daripada menelpon.
5. Saat ponsel menyala, jangan menyimpannya dekat bagian tubuh Anda. Badan kita dapat menyerap radiasi yang membahayakan, jadi jauhkan dari anggota badan (termasuk di saku). Terkadang saking besarnya kebutuhan berkomunikasi, sampai-sampai ponsel pun tidur di samping kita. Hal ini sebaiknya dihindari untuk mengurangi kemungkinan terkena radiasi.
Cara Agar Terhindar Dari Radiasi Ponsel
6. Gunakan speakerphone. Jika Anda sendiri dan tidak ingin mengganggu orang lain, maka penggunaan speakerphone merupakan cara terbaik karena memiliki jarak aman dari kepala Anda.
7. Jika menggunakan bluetooth, alihkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Cara ini adalah untuk menghindari radiasi yang terkonsentrasi di satu sisi. Radiasi Bluetooth tetap berisiko walau lebih rendah dari radiasi ponsel.
8. Gunakan headset ferrite bead. Ferrite bead adalah aksesori ponsel yang berfungsi untuk mengurangi radiasi. Kabel yang ada di alat pendengar di ponsel Anda juga dapat menyalurkan radiasi ke telinga. Dengan menggunakan ferrite bead, Anda dapat mengurangi radiasi tersebut.
Cara Agar Terhindar Dari Radiasi Ponsel
9. Gunakan Airplane Mode. Kebanyakan ponsel sekarang ini memiliki fungsi utk digunakan di pesawat udara. Airplane mode meniadakan transmisi nirkabel dan menghentikan risiko radiasi! Jika Anda tidak menggunakan ponsel untuk waktu yang cukup lama, matikanlah atau pilih airplane mode, maka ponsel Anda akan mengonsumsi energi lebih rendah dan menghemat baterai sehingga penggunaannya lebih efisien.
10. Beli ponsel dengan radiasi rendah. Setiap telepon seluler memiliki tingkatan radiasi yang bervariasi, untuk itu Anda perlu mencari informasi produk ponsel beradiasi rendah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, apapun model ponselnya, selalu patuhi cara penggunaannya dengan benar. Produsen ponsel selalu memberikan informasi mengenai cara menggunakan dan membawa ponsel agar konsumen bisa membatasi paparan radiasi.
Sumber: Cyber4rt

Call Stack error


error yang sering saya alami dalam pemrograman PHP..misal dengan contoh sintak

// mendefinisikan halaman pertama, jika tidak ada klik halaman maka diisi 0
$hal    = $_GET[‘hal’] ? $_GET[‘hal’] : 0;

error yang terjadi karena variable belum di set sehingga tidak emnghasilkan true ataupun false..maka dari itu saya memakai isset() .isset() digunakan untuk menyatakan variabel sudah diset atau tidak. Jika variabel sudah diset makan variavel akan mengembalikan nilai true, sebaliknya akan bernilai false.

contoh sintak yang telah diperbaiki :

if (isset($_GET[‘hal’]))
$hal = $_GET[‘hal’];
else
$hal=0;

Semoga Bermanfaat ia, Tian.

Kehidupan oh kehidupan


sudah lama gak update blog nih….

hal yang paling diingkan mahasiswa adalah 1..LULUS..sudah pusing dengan tugas..dengan biaya..dengan konflik …dengan tanggung jawab yang berat yang dipikul mahasiswa 😀

kalo uda yang semester akhir pasti banyak yang nanaya..SUDAH LULUS BELUM?? betul tidak hhe

saa salah satu mahasiswa yang m,elewati batas karena sekarang sedang menuju smt9 :D…bukan karena nilai atau apa tapi karena CUTI..hal yang sangat menyedihkan…waktu sayasemester 2 saya cuti….

ceritanya ::

sebelum UTS dimulai waktu smt2 saya minta KSM(kartu studi mahasiswa) ternyata ksm saya tidak bisa diberikan karena belum ada tanda tangan dosen..seingat saya saya sudah menyimpan frs di ruang dosen…ehh ternyata frs saya ada tapi belum di tanda tangan…nah disini hari sabtu 2 hari sebelum uts ..saya dicutikan bersama 5 teman saya karena masalah tandatangan..tidak ada kebijakanya..mahasiswa kalah oleh sistem yang kampus berikan….yang paling sedih lagi uang tidak kembali….jujur saya nagis karena mau ngomong apa sama orang tua…saya mau ngomong saja mikir ribuan kali…dan sayapun konsultasi ke kaka saya..dan kaka tian bilang kalo jadi laki laki itu “jika ambil merah ia merah jika ambil hitam ya hitam ” disitu saya sudah mempunyai keberanian untuk memberi tahu keluarga tian…sedih sebenernya seperti pengen bunuh diri wkwk…tapi Alahamdulilah ada temen yang support saya menjalaninya dengan 5 teman sekawan walupun sekrang tinggal 2…selanjutnya bisa kalian perkirakanlah T_T…

setelah cuti tian tidak di kasih uang lagi dan mulai mencari pekerjaan kesana kemari…kerja dimana mana mencari pengalaman dan akhirnya merintis TIAN SHOP 😉 …sekarang smt8 pengen ngulik ngulik buat persapan skripsi di smt 10 karena smt skrg tidak bisa karena gara2 CUTI :D….ngulik pun susah karena kegiatan…pengenya fokus kuliah tapi kalo terlalu fokus kuliah keuangan terabaikan entar duit kuliah darimana :D…walupun bisa untuk fokus kedua duanya..tapi fokus kuliah disini bukan soal nilai tapi soal kemampuan..kalo nilai alhamdulilah semester kemarin ip 3.59 wallaupun turun dari smt sebelumnya 3.83…kemampuan yang harus dimiliki oleh anak IT harus sangat luar biasa karena untuk membuat skripsi kita harus Mendesign rancangan program (DFD,UML) ,Draft (laporan,dll),Prgram yang kita buat….untuk bisa menyelesaikan itu kita harus memiliki kemampuan yang lebih dan kemampuan itu bisa kita dapatkan dengan berlatih dan berlatih..

sekian dulu..maap kaloa ada salah salah kata..ini hanya sedikit curahan hati tian  🙂

Register Global


terkadang saya merasa gagap PHP karena di komputer saya program webnya jalan tapi pas di coba di komputer lain atau di uplode ke internet tidak jalan…dan error..apakah penyebabnya??

nah penyebabnya itu…biasanya Register Global.Register global ini salah satu setting yang terdapat dalam PHP.INI yang bertugas untuk mengatur variabel-variabel ECGPS ( Environtment, Get, Post, Cookie, Server) yang akan didaftarkan sebagai variabel global atau tidak.

sekian saja dulu semoga bermanfaat 😀